Senin, 14 Desember 2015

fav video


 
2PM

Organisasi & Arsitektur Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan menghasilkan keluaran informasi  yang  dihasilkan setelah diolah.
Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Unit-unit tersebut yaitu:
  • Masukan
  • Memori
  • Aritmetika dan Logika
  • Keluaran
  • Kontrol

Fungsi unit-unit :
  • Masukan, menerima informasi yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-aloat elektromekanik seperti  papan ketik  pada  suatu terminal  video, atau dari  komputer-komputer  lain lewat  jalur  komunikasi  digital
  • Memori, tempat untuk menyimpan langkah-langkah pengolahan yang ditentukan oleh program
  • Aritmetika dan Logika, mengolah informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan kelak melaksanakan operasi yang diinginkan
  • Keluaran, mengeluarkan akhir dari hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali
  • Kontrol, pengkoordinasi seluruh kegiatan

Struktur Komputer
Struktur  internal  komputer terdapat empat struktur utama:
  • Central  Processing Unit  (CPU), berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan fungsi  – fungsi  komputer. Kesepakatan, CPU  cukup disebut  sebagai processor (prosesor) saja.
  • Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
  • I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  • System  Interconnection, merupakan sistem  yang  menghubungkan CPU, memori  utama dan I/O.

Fungsi Komputer
  • Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • Fungsi Operasi Kontrol

Kinerja Komputer
Kinerja  sebuah sistem  komputer  merupakan hasil proses  dari  seluruh komponen komputer, yang  melibatkan CPU, memori  utama, memori  sekunder, bus, peripheral.
Dari  segi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat ini meliputi :
  •  Pengolahan citra
  • Pengenalan voice atau pembicaraan
  • Video conference
  • Mulitimedia
  • Transfer data

Yang  menakjubkan lagi  adalah dari  sudut  pandang  organisasi  dan arsitektur  komputer saat  ini  adalah mirip dengan komputer  IAS  yang  dibuat  sekitar  50 tahun lalu, namun perkembangan dan kecanggihannya  dapat  kita  rasakan sekarang  ini.

Peningkatan kinerja mikroprosesor  ini  terus  berlanjut  tidak  kenal  henti  dengan berbagai  teknik  yang  telah dikembangkan, diantaranya :
  •  Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software  dan melakukan prediksi  percabangan atau kelompok  instruksi  yang  akan dieksekusi berikutnya.
  • Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
  • Speculative  Execution, dengan modal  prediksi  cabang  dan analisis  data, maka  prosesor  dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya.

Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

Contoh Organisasi Komputer
  • Teknologi hardware
  • Perangkat antarmuka
  • Teknologi memori
  • Sistem memori
  • Sinyal – sinyal kontrol

Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Contoh Arsitektur Komputer
  • Set instruksi
  • Aritmetika yang dipergunakan
  • Teknik pengalamatan
  • Mekanisme I/O

Perbedaan Utama
Organisasi Komputer
  •  Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
  • Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal kontrol
Arsitektur Komputer
  • Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

RISC AND CISC

Sejarah RISC
Proyek RISC pertama dibuat oleh IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM 801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga dikenal sebagai RISC

Pengertian RISC
  • RISC: singkatan dari Reduced Instruction Set Computer.
  • Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengeset instruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya

Karakteristik RISC
  • Siklus mesin ditentukan oleh waktu yang digunakan untuk mengambil dua buah operand dari register
  • Operasi berbentuk dari register-ke register yang hanya terdiri dari operasi load dan store yang mengakses memori
  • Penggunaan mode pengalamatan sederhana
  • Penggunaan format-format instruksi sederhana

Ciri-ciri
  • Instruksi berukuran tunggal
  • Ukuran yang umum adalah 4 byte
  • Jumlah pengalamatan data sedikit,
  • Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
  • Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
  • Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
  • Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
  • Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi .

Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU Apple



Pengertian CISC
  • Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah

Karakteristik CISC
  • Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
  • Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit) Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan

Ciri-ciri
  • Jumlah instruksi banyak
  • Banyak terdapat perintah bahasa mesin
  • Instruksi lebih kompleks

Pengaplikasian CISC yaitu pada AMD dan Intel


Perbedaan CISC dan RISC
dilihat dari segi instruksinya   :
¨  RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
  • – Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
  • – Instruksi sederhana bahkan single
  • – Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
  • – Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
  • – Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori
¨  CISC ( Complex Instruction Set Computer )
  • – Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
  • – Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
  • – Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
  • – Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek

Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memper-lihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti egovernment, e- commerce, e-education, emedicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.


Peran Teknologi Informasi
Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :


Bidang pendidikan (e-education).
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.

Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
– Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
– Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
– Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
– Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.


Dalam Bidang Pemerintahan (egovernment).
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web. Pada intinya egovernment adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain:
(1)  Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat.
(2)  Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.
(3)  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
(4)  Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.


Bidang Keuangan dan Perbankan
Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern.

Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.

Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

Pengembangan teknologi dan infrastruktur telematika di Indonesia akan sangat membantu pengembangan industri di sektor keuangan ini, seperti perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.

Institusi perbankan dan keuangan telah dipengaruhi dengan kuat oleh pengembangan produk dalam teknologi informasi, bahkan mereka tidak dapat beroperasi lagi tanpa adanya teknologi informasi tersebut. Sektor ini memerlukan pengembangan produk dalam teknologi informasi untuk memberikan jasajasa mereka kepada pelanggan mereka.

Semoga bermanfaat :)

tentang saya


 Foto Saya


nama Mutiara Sari
panggilan Mutia
tahun 2015 ini menjadi mahasiswi di Universitas Negeri Padang
jurusan Matematika program studi Statistika
lahir di Koto Tinggi pada tanggal 27 Juli 1997
hobi mendengarkan musik dan membaca buku
 

Minggu, 06 Desember 2015




TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
TENTANG IBM SPSS STATISTICS 20




OLEH KELOMPOK 11 :
1. FATMA SARI (15037011)
2. MUTIARA SARI (15037023)

JURUSAN MATEMATIKA
PRODI STATISTIKA
DOSEN : DEFRI AHMAD S.PD MSI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Materi  :
Materinya adalah tentang pengenalan IBM SPSS
Tugas :
Pengenalan SPSS



Saat pertama kali membuka IBM SPSS Statistics 20, maka akan tampil seperti yang diatas.
Rincian :
-    Open an existing data source                                 :  Membuka data yang sudah ada
-    Open another type of file                                        :  Membuka file dengan tipe lain
   
Pada sebelah kanan terdapat
-    Run the tutorial                                                            :  Membuka tutorial
-    Type in data                                                                   : Mengentri Data
-    Run an existing query                                                                : Membuka Query (Tabel yang sudah dibuat)
-    Create new query using Database wizard         : Membuat Query baru dengan Database Wizard

Jika mengarahkan pada Run the tutorial
- klik run the tutorial
- klik OK


Ini tampilan awal dari run of tutorial, berguna untuk memberikan petunjuk cara penggunaan dari IBM SPSS statistic 20



Jika tidak ada data dalam SPSS ini maka kita dapat menekan Cancel




Cara Membuat Tabel Pada IBM SPSS Statistics 20

1. Tekan Variabel View



2. Pada kolom name buat judul data yang akan kita buat.

3. Type = Mengubah tipe dari judulnya
    Width = Banyak huruf yang digunakan.
    Decimal  = Memberi  angka di belakang koma.
    Label 
    Value
    Missing
    Colums =Mengubah ukran kolom .
    Align = Mengubah rata kiri /tengah /kanan.
    Measure = Mengubah ke bentuk ordinal/ nominal
    Role = input data
   

4 . Tekan Data view. Pada data view akan muncul judul yang kita buat.

5. Isikan data yang ingin kita buat.




A. DESCRIPTIVES
    Mencari nilai Maximum,Minumum, Mean(rata-rata) dan Standard Deviation (Standar Deviasi)
Caranya :

1. Tekan menu analyze à Descriptif Statisticsà Desciptives maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.

3. Tekan tombol panah ke samping untuk memindahkan data yang ingin di tentukan nilai maksimum, minimum, mean dan std. deviasinya.


4. Setelah dipindahkan klik ok
Maka akan muncul otak dialo seperti di bawah ini.



B. Membuat Grafik


1. Tekan menu graph à Chart Builder maka akan mucul kotak dialog seperti dibawah ini.


2. Klik Ok

3. Pilih grafik yang ingin digunakan


4. Drag and Drop Data yang ingin kita tentukan grafiknya à Klik OK



5. Tampilan Grafik yang dibuat grafik yang dibuat bisa di edit sesuai keinginan kita dengan double klik grafik  yang kita buat .
Jika dua data yang akan di ubah kedalam bentuk grafik maka dapat di lakukan dengan menekan :Klik pada menu Graph à Legacy Dialogs à Bar à Clustered à Values of individual cases
Seperti pada gambar dibawah berikut ini :
Descriptive Statistics

N
Minimum
Maximum
Mean
Std. Deviation
IP
5
2.50
3.20
2.9600
.28810
Valid N (listwise)
5






A. Tugas yang terdapat pada ibm spss dapat di simpan dalam betuk microsoft excel. Dengan cara  :
                Save As à Ubah tipe penyimpanan ke dalam bentuk excel 2007 to 2000



B. Tugas yang sudah diubah kedalam bentuk descriptive dan grafik  dipindahkan kedalam bentuk Microsoft word dengan cara menekan ctrl A untuk memblok seluruh data lalu copy pastekan ke Microsoft word.